Alasan Untuk Membuat Ruang Kerja yang Fleksibel

Pada dasarnya menciptakan ruang kerja yang fleksibel sangat bermanfaat bagi organisasi karena meningkatkan upaya retensi dan rekrutmen organisasi. Selain itu meningkatkan upaya keragaman organisasi, meningkatkan produktivitas pekerja, mendorong perilaku etis, dan menciptakan tanggung jawab sosial. Ruang kerja yang fleksibel memberi karyawan organisasi kemampuan untuk memutuskan waktu dan tempat penyelesaian pekerjaan.

Ruang kerja fleksibel adalah yang paling dibutuhkan dalam hal pekerja dengan disabilitas, orang tua yang bekerja, karyawan yang dekat dengan pensiunan dan profesional muda.

Menawarkan jadwal kerja alternatif kepada pekerja dengan disabilitas adalah cara umum menyediakan ruang kerja yang fleksibel bagi mereka. Beberapa mungkin ingin bekerja membentuk rumah mereka, sementara beberapa mungkin meminta waktu mulai yang fleksibel atau beberapa mungkin lebih suka bekerja paruh waktu.

Orangtua rekan kerja sering menghadapi penyakit anak dan mungkin juga ingin terlibat dalam kegiatan sekolah anak. Ini berarti bahwa orang tua yang bekerja perlu membuat koordinasi dengan jadwal sekolah dengan jadwal kantor atau pekerjaan. Segala jenis fleksibilitas seperti pembagian pekerjaan, pekerjaan paruh waktu, penentuan waktu yang fleksibel atau telecommuting menarik bagi orang tua yang bekerja. Fasilitas pengasuhan anak dapat didirikan di lingkungan kerja, bantuan adopsi, perawatan lansia dan perawatan anak untuk anak yang sakit, dan program rujukan pengasuhan anak.

Umumnya karyawan yang mendekati usia pensiun mereka tidak ingin bekerja banyak walaupun mereka mungkin tidak memiliki sumber keuangan yang memadai. Ruang kerja yang fleksibel bagi mereka dapat dibuat melalui pembagian pekerjaan, pekerjaan kontrak atau pekerjaan paruh waktu.

Profesional muda umumnya berupaya menciptakan keseimbangan antara pekerjaan dan aktivitas lain dan karenanya harus dilengkapi dengan jadwal minggu kerja yang dikompresi dan opsi waktu luang.

Ada banyak cara di mana keseimbangan yang baik antara kehidupan dan pekerjaan dapat diciptakan oleh organisasi. Adalah penting bahwa itu harus bekerja dalam mendukung organisasi dan tidak menentangnya. Bantuan keluarga kepada karyawan dalam berbagai bentuk adalah langkah pertama untuk menciptakan keseimbangan kehidupan kerja. Menawarkan program bantuan karyawan, layanan pramutamu untuk menjalankan tugas-tugas kecil bagi karyawan, program kesehatan dan program kebugaran in-house dapat membantu karyawan mengelola kehidupannya. Beberapa manfaat cuti juga dapat diberikan seperti fase kembali dalam program, waktu lunas dibayar, bersalin panjang dan paternitas daun, cuti panjang dan pembelian hari libur.

Ruang kerja yang fleksibel meningkatkan kepuasan karyawan, meningkatkan produktivitas, meningkatkan turnover, meningkatkan hasil rekrutmen, mengurangi ketidakhadiran karyawan, meningkatkan hubungan dengan karyawan dan membantu dalam pengembangan karyawan.

Posted in Uncategorized

Leave a Reply