Pembersihan Usaha Koperasi Jasa Bisnis di Masa Krisis

Tingkat pengangguran 10,2% dan lebih dari 2,6 juta orang tanpa pekerjaan. Ini adalah angka yang dikeluarkan oleh Istat yang menerbitkan laporan tentang situasi pengangguran pada bulan April awal bulan ini, yang nilainya mencapai rekor yang tidak terlihat sejak 2004.

Dengan situasi ekonomi yang sulit seperti itu, tidak mengherankan bahwa beberapa kelompok pekerja seperti mereka yang bekerja di bidang jasa kebersihan dan pertanian berusaha untuk menemukan solusi yang bahkan jika lebih menantang, terutama pada tahap awal, dapat menghasilkan pekerjaan yang lebih stabil dan menguntungkan. posisi.

Alternatifnya datang dalam bentuk koperasi, asosiasi pekerja yang meluncurkan bisnis di mana mereka adalah pemilik dan karyawan. Semua anggota koperasi memiliki kekuatan pengambilan keputusan yang pada akhirnya menentukan keberhasilan atau kegagalan proyek tersebut.

Krisis ini dikenal memacu ide-ide baru, dan orang-orang dari semua sektor, terutama yang menganggur, lebih cenderung memulai petualangan bisnis sendiri. Ini adalah kasus, misalnya, dari para wanita di belakang Koperasi Pembersihan Ramah Lingkungan Apple: lima wanita Meksiko yang tinggal di New York bertemu di sebuah agensi yang menangani pekerjaan sementara dan memutuskan untuk membuat perusahaan pembersih mereka sendiri. Proposisi nilai, di luar keterampilan para wanita yang telah bekerja di lapangan selama bertahun-tahun, adalah penggunaan eksklusif produk pembersih yang ramah lingkungan, dibuat dengan bahan-bahan alami dan dirancang di dapur lima pengusaha.

Sektor-sektor seperti pertanian telah mengalami manfaat dari koperasi untuk waktu yang lebih lama: kondisi yang lebih baik bagi para anggotanya, lebih banyak keuntungan dalam negosiasi dengan perusahaan lain dan koperasi dan kekuatan yang lebih besar dan pengaruh dalam proses pengambilan keputusan pada isu-isu yang memiliki dampak langsung pada pasar dan kondisi kerja karyawan.

Selain itu, koperasi berada dalam bentuk paling dasar dari sebuah asosiasi di mana setiap anggota memiliki bagian dari bisnis, tujuan semua anggota diselaraskan: apa pun peran masing-masing pemilik-karyawan koperasi, kepentingan bersama selalu untuk tumbuh dan untuk memperkuat kehadiran dan kekuatan koperasi dalam industri, menghadapi dan mengatasi masalah umum dari dalam, dari mereka yang benar-benar melakukan pekerjaan dan mengetahui bisnis mereka lebih baik daripada orang lain.

Solidaritas, demokratisasi kekuasaan dan kekuasaan keputusan bagi mereka yang benar-benar melakukan pekerjaan tampaknya sekali lagi merupakan jalan yang harus diikuti, setidaknya bagi banyak dari mereka yang menemukan diri mereka dalam situasi genting atau menganggur di masa krisis ini. Pembersihan, bisnis pertanian serta proyek-proyek dalam industri kesehatan dan layanan bisnis, pasti dapat mengambil manfaat dari ide-ide baru dan dorongan perempuan seperti pendiri Apple Eco Friendly Cleaning Cooperative.

Posted in Uncategorized

Leave a Reply